Pemisah

Arjuna EV UGM di Pameran KTT G-20, Semangat Baru Era Elektrifikasi Indonesia

BALI, INDONESIA – Arjuna EV UGM menghadiri undangan menjadi exhibitors dalam Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) di Nusa Dua Bali, (11-16/11). Pemeran yang menjadi salah satu rangkaian dari KTT G-20 tersebut merupakan salah satu kebanggaan yang luar biasa karena kontribusi ini mengartikan Arjuna EV UGM siap dan mampu untuk menjadi bagian dari transisi energi listrik inovatif di mata Internasional.
Keikutsertaan Arjuna EV UGM dalam perhelatan ini merupakan permintaan secara khusus Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melalui Ditjen Perhubungan Darat. Dukungan dan kepercayaan yang diberikan tersebut terbukti dengan banyaknya dukungan berbagai macam pihak kepada Arjuna EV UGM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, memberikan dukungan dan apresiasi kepada Arjuna EV UGM atas kontribusinya dalam riset kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Menteri Koperasi dan UKM berharap adanya pengembangan kendaraan listrik yang diproduksi secara masal. Gusti Ngurah Bagus, Kapten Tim Arjuna EV UGM, menanggapi bahwa Arjuna EV UGM siap melaksanakan riset motor listrik sebagai langkah awal ekspansi kendaraan berbasis baterai dalam lingkup nasional.
Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden RI, menyampaikan dukungan agar Arjuna EV UGM dapat terus melakukan riset pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai. Dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Presiden RI memberikan semangat dan harapannya agar Arjuna EV UGM senantiasa inovatif dan dan produktif demi memajukan konversi energi ramah lingkungan untuk masa depan.
“Arcana sebagai mobil rancangan dengan kapasitas lima orang menjadi salah satu pemantik banyaknya pihak mendukung pengembangan riset kendaran bermotor listrik berbasis baterai”, jelas Ahmad Hisyam Wahono, Ketua Departemen Elektronis Arjuna EV UGM.
Inovasi Arjuna EV UGM ini merupakan salah satu bentuk langkah menyambut era elektrifikasi masa depan. Dengan banyaknya harapan dan minat masyarakat luas terhadap pengembangan kendaraan listrik berbasi baterai, Ahmad Hisyam Wahono bersama perwakilan tim lainnya menjelaskan produksi pembuatan mobil Arjuna EV UGM secara detail kepada masyarakat umum. Dalam perhelatan yang dibuka dari pukul 10.00 – 21.00 WITA ini, Arjuna EV UGM menjelaskan kepada masyarakat luas soal pembuatan Power Distribution Panel (PDB) sendiri, Pembuatan Battery Management System (BMS) sendiri dan menunjukkan mobil Formula SAE Electric Arjuna AF-03.
Sebagai tim mahasiswa pertama yang fokus dalam bidang riset kendaraan listrik berbasis listrik di Indonesia menjadikan harapan akan era elektrifikasi Indonesia akan dipenuhi dengan inovasi yang lebih segar di dalam urat nadi Arjuna. Dengan kolaborasi berbagai prestasi yang selama ini Arjuna raih, Arjuna berkomitmen untuk terus memberi penyegaran inovasi elektifikasi Indonesia di dunia Internasional.

Penulis : M. Nadhir Al Ghifary

 

Laboratorium Teknologi Mekanik Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jalan Grafika 2 Yogyakarta 55281 Telp/Fax (0274) 521673

arjunaevugm@gmail.com

Contact : +62-812-2671-4158 (Icha)

Follow Our Social Media

Scroll to Top