AF-03

Drivetrain

Single speed gearbox - dual stage reduction - LSD Drexler Differential

Battery

Samsung INR18650 25R (Combined Samsung 25R 2500 mAh Lithium-ion batteries)

Chasis

Tubular spaced JIS 3445 STKM 11A Frame

Controller

Bamocar PG D3 400/400

Steering

KAZ Technologies steering rack and CFRP Steering Wheel

Motor

Emrax 228 LV LC

Suspension

Double wishbone, push rod actuated spring-damper. Suspension : Rock shox vivid R2C

Braker

Tilton 75-750C Master Cylinder, Brembo 4 Piston and Wilwood 2 Piston Brake Caliper

OUR PREVIOUS CAR

AF-03

Pada pandemi COVID-19 di 2020 ini, Tim tetap melakukan riset dan tetap aktif berkompetisi. Tim Arjuna EV UGM berhasil meraih predikat 2nd Best Overall Event dalam kompetisi internasional 4th Annual Formula Student Electric Vehicle (FSEV) Concept Challenge 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh Formula Bharat, India. Tim Arjuna EV UGM mampu bersaing dengan 37 tim dari USA, India, dan Indonesia dengan memboyong berbagai penghargaan yang membanggakan, diantaranya 2nd Place, Best Team Management Strategy, Notable Mention for EV Design Overall Choice, dan Notable Mention Kaizen Guru. Sedangkan riset yang yang difokuskan pada tahun ini adalah sistem telemetri, multistage tranmission, dan cooling system. Pada tahun berikutnya, riset kami pada AF-03 juga diikutkan pada kompetisi sejenis yaitu FSEV 202i dan Pi-EV Concept Challenge dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan

AF-02

Dalam FSAE Japan 2019, Tim Arjuna EV UGM degan mobilnya (AF-02) berlaga melawan 104 tim dari berbagai negara di dunia. Kompetisi ini merupakan kali kedua bagi Tim Arjuna EV UGM, setelah sebelumnya di tahun 2017 Arjuna memulai debutnya dalam kompetisi serupa. Di tahun 2019, tim berhasil mencapai prestasi yang membanggakan diantaranya Top 3 Business Presentation for EV Class, Top 15 Overall Result for EV Class, dan First Finisher of Technical Inspection from Indonesia EV Team.

EXTENSIVE RESEARCH (2018)

Untuk dapat lebih tampil prima dalam kompetisi internasional selanjutnya, Tim Arjuna melakukan riset dan pegembangan berkelanjutan di tahun 2018 diantaranya :

  • Advanced Research and Development about IGBT Controller 150 kW
  • Research and Development in Electric Vehicle 3-phase BLDC
  • Research and Development in Temperature Conditioning System in Electric Vehicle Battery.
  • Research and Development in car’s wings
  • AF-01

    Setelah beberapa tahun mengikuti kompetisi berskala nasional dan berhasil meraih prestasi yang membanggakan, Arjuna memulai debutnya pada kompetisi internasional pertamanya yakni Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Japan di tahun 2017 dengan mobil generasi kelima. Riset untuk mobil generasi ini difokuskan pada pengembangan IGBT Controller 150 Kw yang drancang sendiri oleh tim. Sebagai tim EV pertama dari Indonesia yang berlaga di FSAE 2017, Tim Arjuna EV UGM berhasil meraih prestasi yang membanggakan diantaranya Best Persentation for Overseas Participant dan 2nd Best Overall Result in ASEAN Participant.

    AG-05

    Pada tahun berikutnya, riset yang berkelajutan terus digalakaan. Untuk mobil generasi ini, merupakan versi upgrade dari mobil generasi sebelumnya. Fokus riset diutamakan pada pengembangan Battery Management System (BMS) yang dibuat sendiri oleh tim dan sebagai tim pertama di Indonesia yang mengaplikasikan Battery Management Sstem pada teknologi mobil listrik. Berkat inovasi di bidang teknologi ini, Tim Arjuna EV UGM berhasil meraih predikat Best Technology dalam Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2016. Selain itu, mobil generasi 4.1 ini juga memenangkan penghargaan lain diantaranya: 1st Place on Acceleration Category dan 3rd Place on Slalom Category.

    AG-04

    Untuk mobil generasi selanjutnya, riset difokuskan pada pengembangan performa mobil yang berkelanjutan. Inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat mobil yang mampu berjalan dengan cepat. Hasil inovasi yang dikembangkan pada mobil Arjuna generasi ketiga ini telah membuat Tim Arjuna EV UGM dapat menyabet berbagai penghargaan di beberapa kategori dalam Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2014, diantaranya : 1st Place on Speed Category, 3rd Place on Acceleration Category

    AG-03

    Untuk mobil generasi selanjutnya, riset difokuskan pada pengembangan performa mobil yang berkelanjutan. Inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat mobil yang mampu berjalan dengan cepat. Hasil inovasi yang dikembangkan pada mobil Arjuna generasi ketiga ini telah membuat Tim Arjuna EV UGM dapat menyabet berbagai penghargaan di beberapa kategori dalam Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2014, diantaranya : 1st Place on Speed Category, 3rd Place on Acceleration Category

    AG-02

    Di tahun berikutnya, Tim Arjuna EV UGM terus melakukan pengembangan dan riset mendalam pada teknologi mobil listriknya. Dengan mobil Arjuna Generasi 2, Tim Arjuna EV UGM memulai debutnya dalam kompetisi skala nasional yakni Kontes Mobil Listrik Indonesia di tahun 2013. Sebagai tim yang baru pertama kali mengikuti ajang KMLI, Arjuna berhasil keluar sebagai juara dalam kategori 3rd Place on Efficiency KMLI 2013

    AG-01

    Pada tahun 2012, Mobil Listrik pertama Tim Arjuna EV UGM mulai dikembangkan dari riset yang di lakukan oleh beberapa mahasiswa Teknik Mesin. Pada awalnya, kecepatan mobil masih lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan orang berjalan karena masih terdiri dari satu motor.

    Adress

    Laboratorium Teknologi Mekanik Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jalan Grafika 2 Yogyakarta 55281 Telp/Fax (0274) 521673

    Phone

    +62 878-3720-7968
    Atha Rafi Nur Diansyah
    (Head of Sponsorhip and Public Relation)

    E-mail Adress

    arjunaevugm@gmail.com

    Scroll to Top